Sabtu, 12 Januari 2013

Pentingnya Komunikasi dan Kepemimpinan dalam Organisasi


Pentingnya Komunikasi dan Kepemimpinan dalam Organisasi

Hampir seluruh dimensi kehidupan manusia adalah proses komunikasi. Komunikasi merupakan bangian sentral dari kehidupan kita. Komunikasi verbal atau tertulis, simbolis, nonverbal, dengan maksud atau tanpa maksud, aktif atau pasif diperlukan untuk hampir semua hal yang kita lakukan. Sebagian besar, antara 50 sampai 75 persen, apa yang kita lakukan sehari-hari merupakan bentuk-bentuk komunikasi.[1]
Komunikasi memainkan peran dan membentuk gambaran tentang dunia. Tidaklah mengherankan jika kemudian, kemampuan berkomunikasi menjadi salah satu faktor yang paling signifikan bagi seorang pemimpin atau bahkan siapapun.
Dalam konteks organisasi, Ruben yang dikutip oleh Young Yun Kim, mengungkapkan bahwa komunikasi adalah sesuatu proses yang mendasari intersubjektivisasi, suatu fenomena yang terjadi sebagai akibat simbolisasi publik dan penggunaan serta penyebaran simbol. Oleh karenanya, melalui komunikasi sosial individu-individu “menyetel” perasaan-perasaan, pikiran-pikiran dan perilaku-perilaku antara yang satu dengan yang lainnya.[2]

Pemimpin dan kepemimpinan adalah suatu kata yang tidak dapat dipisahkan scara struktural maupun fungsional. Pemimpin seseorang yang bertanggung jawab. Sedangkan kepemimpinan, proses dimana sesorang mampu atau dapat mempengaruhi keputusan dan dapat memberi contoh untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Kepemimpinan (leadership) adalah bagian tersendiri dari manajemen. Manajer dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajemen memerlukan adanya kepemimpinan. Kepemimpinan yang efektif harus memberikan pengarahan terhadap usaha-usaha semua pekerja dalam mencapai tujuan-tujuan organisasi, tanpa kepemimpinan hubungan antara tujuan perseorangan dengan tujuan organisasi mungkin menjadi renggang(lemah). 


Kesimpulan
Seorang pemimpin harus mempunyai  kemampuan presentasi dimana bukan Cuma berorasi, tetapi harus menjadi  bukti nyata atau panutan untuk rekannya.  Dalam sebuah organisasi  sangatlah penting adanya sebuah  komunikasi , dalam mendorong orang lain semakin terampil melakukan tugas masing-masing.
Dengan adanya komunikasi dalam organisasi ini juga dapat dihasilkan hunungan yang kerja dan suasana yang baik anatara pemimpin dan bawahan, serta meningkatkan kreatifitas dan partisipasi pegawai dalam pekerjaan.

Sumber :

[1] Kris Cole, Komunikasi Sebening Kristal, terj. Hari Wahyudi, (Jakarta: Quantum, 2005), hlm. Xv
[2] Young Yun Kim, “Komunikasi dan Akulturasi,” dalam Deddy Mulyana dan Jalaluddin Rakhmat (ed.),Komunikasi Antarbudaya: Panduan Berkomunikasi dengan Orang-orang Berbeda Budaya, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001), hlm. 142

Tidak ada komentar:

Posting Komentar