TUGAS 2
PENGANTAR TELEMATIKA
Pendukung/perangkat apa saja yang
digunakan dalam telematika
Interface dalam telematika
meliputi banyak hal,salah satu nya adalah video conference, Layanan video
conference merupakan layanan komunikasi yang melibatkan video dan audio secara
real time. Salah satu fitur yang terdapat pada interface telematika seperti :
Aplikasi Berbasis Web (berteknologi internet) yang tidak perlu diinstall di
setiap client dan bisa jalan di sistem operasi apapun (Open System). Interface
dalam telematika meliputi banyak hal,salah satu nya adalah video conference,
Layanan video conference merupakan layanan komunikasi yang melibatkan video dan
audio secara real time. Teknologi yang digunakan untuk layanan video conference
komersial pada awalnya dikembangkan di atas platform ISDN (Integrated Switch
Digital Network) dengan standar H.320.
Perangkat-perangkat lainnya
seperti : LCD Proyektor 79, Printer LazerJet/DeskJet/BubleJet 25 30, Ploter 1
1, Scanner 4 5, Digitizer. Dari Aplikasi Keselamatan dan Keamanan misalnya:
SOS, Kontrol Jarak Jauh, Tracking Otomatis, dll. Aplikasi navigasi informasi
Trafiki, Cuaca, GPS, dll. Aplikasi komunikasi : Handfree, SMS dan MMS, Video
Call, dll. Hiburan : Musik, Video, Game, dll. Di bidang kesehatan misalnya: Respon
Kecelakaan, Rekam Medis, Manajemen Sumber Daya, konsultasi Jarak jauh, dll. Di
bidang pemerintahan : Layanan Kependudukan, Catatan Sipil, SIM, dll. Bidang
pendidikan : E-Learning, Informasi Akademik, Pendaftaran Online, dll.
Sedangkan,Infrastruktur komunikasi untuk mendukung teknologi telematika antara
lain adalah jaringan seluler (HP), jaringan Satelit, jaringan Siaran Radio/TV,
jaringan Titik Akses dan lainnya.
Perangkat
Pendukung
Perangkat yang dibutuhkan dalam
telematika pada dasaranya sama yaitu :
1). hardware yang berupa perangkat pengirim/penerima
data,
2). jaringan sebagai transmitor data yang biasanya
menggunakan jaringan seluler (HP), jaringan Satelit, jaringan Siaran
Radio/TV, jaringan Titik Akses dan lainnya, dan
3). Software yang akan mengkonfersi
gelombang analog kedalam digital. Dalam penerapannya perangkat – perangkat
tersebut bergantung dengan kebutuhan masing – masing bidang penerapan. Seperti
pada video conference yang merupakan layanan komunikasi video dan audio secara
real time yang membutuhkan LCD Proyektor 7 9, Printer LazerJet/DeskJet/BubleJet
25 30, Ploter 1 1, Scanner 4 5, Digitizer sebagai hardware. Sedangkan pada
aplikasi Berbasis Web, diperlukan komputer sebagai hardware, dan jaringan
client server sebagai transmitor serta software (OS, aplikasi java) sebagai software.
a. Jaringan
Telepon
Jaringan Telepon dapat digunakan
sebagai penghubung antara titik penerima satu dengan titik pnerima yang lain.
Dewasa ini penggunaan jaringan telepon dapat dimodifikasikan pemakainnya secara
bersamaan dalam aplikasi transaksi contohnya aplikasi transaksi Perbankan
melalui ponsel. Selain itu Jaringan Telepon ini juga dapat digunakan untuk
berfungsi sebagai teleconference yang dapat digunakan dengan menggunakan
jaringan televisi.
b. Jaringan Televisi
Jaringan yang dapat memberikan
informasi yang berupa gambar, multimedia dan suara. Pada awalnya Televisi dapat
dikatakan dengan suatu perangkat komunikasi yang hanya berupa simplex duplex
namun sering denganberkembangnya kemajuan teknologi dapat dikembangkan
penggunaannya dengan menggunakan jaringan telepon, Komputer dan Internet.
Contohnya dalam aplikasi teleconference, polling acara tertentu dan masih
banyak aplikasi lainnya.
c. Internet
c. Internet
Jaringan yang dapat menghubungkan
antara computer satu dengan computer lainnya yang berada dalam wilayah yang
cukup luas bahkan mencakup suatu Negara. Pada awalnya internet digunakan
sebatas untuk mengirim e-mail namun sering dengan berkembangnya teknologi
Komputer baik dari segi perangkat keras maupun perangkat lunak. Internet tidak
hanya sebatas dalam membuat e-mail melainkan dapat dikembangkan dengan membuat
suatu sistem Informasi. Baik berupa transaksi online, maupun berupa e-learning
.
Bidang yang terkait dengan Telematika
Saat ini Telematika muncul
sebagai bidang ilmu yang memfokuskan pada peningkatan interaksi di antara
manusia atau proses melintasi jarak dan waktu melalui aplikasi Information and
Communications Technology (ICT).Contohnya saja E-commerce Salah satu bidang
yang di cakup dalam penerapan ilmu telematika adalah bidang ekonomi.
1. E-goverment (contoh :
depok.go.id)
E-goverment dihadirkan dengan maksud
untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Di Indonesia ini, sudah ada
suatu badan yang mengurusi tentang telematika, yaitu Tim Koordinasi Telematika
Indonesia (TKTI). TKTI mempunyai tugas mengkoordinasikan perencanaan dan
mempelopori program aksi dan inisiatif untuk menigkatkan perkembangan dan
pendayagunaan teknologi telematika di Indonesia, serta memfasilitasi dan
memantau pelaksanaannya.
Dengan e-goverment, pemerintah
dapat menjalankan fungsinya melalui sarana internet yang tujuannya adalah
memberi pelayanan kepada publik secara transparan sekaligus lebih mudah, dan
dapat diakses (dibaca) oleh komputer dari mana saja. E-goverment juga
dimaksudkan untuk peningkatan interaksi, tidak hanya antara pemerintah dan
masyarakat tetapi juga antar sesama unsur pemerintah dalam lingkup nasional
bahkan intrernasional. Pemerintahan tingkat provinsi sampai kabupaten kota,
telah memiliki situs online. Contohnya adalah DPR, DKI Jakarta, dan Sudin
Jaksel. Isi informasi dalam e-goverment, antara lain adalah profil wilayah atau
instansi, data statistik, surat keputusan, dan bentuk interaktif lainnya.
2. E-commerce (contoh :
bhinneka.com)
Prinsip e-commerce tetap pada
transaksi jual beli. Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara
elektronik. Mulai dari memasang iklan pada berbagai situs atau web, membuat
pesanan atau kontrak, mentransfer uang, mengirim dokumen, sampai membuat klaim.
Luasnya wilayah e-commerce ini,
bahkan dapat meliputi perdagangan internasional, menyangkut regulasi,
pengiriman perangkat lunak (soft ware), erbankan, perpajakan, dan banyak lagi.
E-commerce juga memiliki istilah lain yaitu e-bussines. Contoh dalam kawasan
ini adalah toko online, baik itu toko buku, pabrik, kantor, dan bank
(e-banking). Untuk yang disebut terakhir, sudah banyak bank yang melakukan
transaksi melaluimobile phone, ATM (Automatic Teller Machine – Anjungan Tunai
Mandiri), bahkan membeli pulsa.
3. E-learning (contoh :
v-class.gunadarma.ac.id)
Globalisasi telah menghasilkan
pergeseran dalam dunia pendidikan, dalri pendidikan tatap muka yang
konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Di Indonesia sudah
berkembang pendidikan terbuka dengan modus belajar jarah jauh (distance
lesrning) dengan media internet berbasis web atau situs.
Kenyataan tersebut dapat dimungkinkan
dengan adanya teknologi telematika, yang dapat menghubungkan guru dengan
muridnya, dan mahasiswa dengan dosennya. Melihat hasil perolehan belajar berupa
nilai secara online, mengecek jadwal kuliah, dan mengirim naskah tugas dapat
dilakukan.
4. E-Magazine
Semua itu mungkin telematika
berbasis web, sedangkan diluar itu masih banyak lagi, seperti GPS ( Global
Positioning System ), kompas digital, sistem navigasi dan lain sebagainya.
Mengingat besarnya penggunaan telematika dalam berbagai bidang, maka akan
banyak memberikan dampak luas bagi masyarakat umum, khususnya dalam effisiensi
waktu produktif, pemerataan distribusi, menyuguhkan banyak pilihan telematika
dan sebagainya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tanpa disadari telematika
sebenarnya telah hidup dalam kegiatan sehari-hari masyarakat banyak apa lagi
jika mengingat semakin pesatnya perkembangan teknologi, maka dampak dari
telematika ini akan semakin besar pula.
refrensi:
https://yustianpriambodo.wordpress.com/2012/10/17/tugas-i-pengantar-telematika/
http://blog.pasca.gunadarma.ac.id/2012/06/22/telematika-dalam-dunia-teknologi-informasi-dan-penerapannya-di-e-commerce-dan-lainnya/
http://fitria-sumawardani.blogspot.co.id/2014/09/media-yang-digunakan-pada-telematika.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar